Blog in Learning

Dream to the Better Learning and Education

Kisi-kisi UKG / UKA mapel PAI?

Kisi-kisi UKA/UKG untuk program sertifikasi Pendidikan Agama Islam saat ini banyak dicari di internet. Namun dari sekian banyak artikel yang tersangkut ke dalam kiwerd tersebut tidak terdapat kisi-kisi yang dimaksud. Ketika kita searching di google untuk mencari kisi-kisi Uji Kompetensi mapel PAI sertifikasi guru agama Islam tahun 2013, tidak kita peroleh kisi-kisi tersebut. 
Saya tidak tahu, apakah hanya saya yang tidak memperoleh kisi-kisi tersebut. Ataukah juga guru-guru PAI lainnya juga tidak berhasil memperoleh kisi-kisi Uji Kompetensi mapel PAI tersebut. Lalu mengapa saya tidak berhasil mendapatkan kisi-kisi Uji Kompetensi PAI untuk program sertifikasi guru PAI 2013?
Ada beberapa kemungkinan untuk menjawab pertanyaan tersebut. 
Kemungkinan, memang kisi-kisi UKG/UKA mapel PAI tidak dipublish.
Jika kisi-kisi sertifikasi guru PAi memang ada, saya menduga oleh panitia sertifikasi guru PAI di tingkat nasional. Ini hanyalah dugaan. kenapa saya menduga seperti itu. Selama ini, untuk program sertifikasi guru PAI jarang yang terpublish di internet. Pengalaman saya memantau situs kementrian agama yang membidangi pendidikan agama islam yang beralamat di pendis.kemenag.go.id tidak terdapat informasi lengkap terkait dengan program sertifikasi guru PAI. Walaupun saya memantau di web tersebut tidak terdapat informasi apapun, eh, tiba-tiba, ada SMS dari teman-teman tentang adanya pendataan guru PAI untuk sertifikasi. Tiba-tiba juga ada SMS undangan untuk UKA. Mengapa sebuah pelayanan, hanya berdasarkan informasi dari SMS. Itu pun SMS antar teman bukan langsung dari penanggungjawab. Penanggungjawab hanya memberkan informasi kepada pengawas lalu diteruskan kepada KKG / MGMP. Itu kenyataannya. Sebuah situs internet yang dimiliki oleh lembaga terkait pun tidak terdapat informasi hal tersebut. Berbeda dengan program sertifikasi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, semuanya terpusat pada web sergur.kemdikbud.go.id. 
Kembali ke kisi-kisi sertifikasi Guru PAI. Dari beberapa situs yang memuat tentang informasi sertifikasi guru PAI, tidak ditemukan kisi-kisi UKG PAI. Di antaranya situs psgantasari.com, yang berisi tentang program sertifikasi guru-guru PAI untuk Rayon Kalimantan Tengah, Timur dan Selatan yang dikelola oleh IAIN Antasari Banjarmasin. di situs tersebut juga tidak terdapat kisi-kisi sertifikasi guru PAI. Terakhir, saya mengakses tanggal 31 Juli 2013. Di sana memiliki informasi tentang program Uji Kompetensi Guru PAI untuk program sertifikasi tahun 2013 yang dilaksanakan serentak pada 3 Agustus 2013. 
informasi UKA GPAI dari IAIN Antasari Banjarmasin, www.psgantasari.ac.id

Saya pun mencoba mencari yang lainnya. Setelah browsing sana-sini, akhirnya saya dapat informasi pendukung, dari IAIN Raden Intan Bandar Lampung, yang juga memuat informasi tentang Uji Kompetensi yang diselenggarakan secara nasional, pada tanggal 3 Agustus 2013. Informasi lebih lengkap, karena memuat beberapa persyaratan yang harus disiapkan oleh guru PAI. Kira-kira bentuknya sebagai berikut. 
Informasi UKA GPAI 2013 dari Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung, fakultas-tarbiyah.com
Lalu bagaimana dengan IAIN yang lainnya. Saya coba informasi dari IAIN Walisongo, tempat saya mengikuti UKA ini. Ketika mencoba membuka informasi dari IAIN Walisongo Semarang, telah dipublish longlist daftar peserta UKA IAIN Walisongo dari berbagai kota di Provinsi Jawa Tengah termasuk ada peserta yang dari Serang Banten. Daftar itu dapat diakses melalui http://www.labpendidikan.net. 
Informasi dari IAIN Walisongo, www.labpendidikan.net

Namun, dari berbagai informasi resmi tersebut, tidak ditemukan kisi-kisi Uji Kompetensi Awal untuk program sertifikasi guru-guru Pendidikan Agama Islam 2013. Dari situs resmi pendis.kemenag.go.id pun juga tidak ditemukan kisi-kisi UKG/UKA sertifikasi agama Islam. Di sana hanya terdapat informasi longlist guru-guru PAI yang sudah dipublish sejak bulan April 2013, berdasarkan pendataan Maret 2013.  
Guru PAI patut bersyukur, program sertifikasi guru PAI yang selama ini mendapat banyak kritikan telah menemukan titik terang. Saya teringat ucapan salah seorang pejabat PAIS/PAKIS yang membidangi langsung guru-guru PAI di sekolah Umum.

Sertifikasi guru ini ibarat orang yang datang pada acara kendurian, jagongan dan sebagainya. Ada yang datang lebih dahulu ada pula yang datang belakangan. Namun, mereka mendapatkan jatah hidangan yang sama saat datang ke pesta tersebut. Sertifikasi guru PAI ibarat orang yang datang terlambat, sehingga tidak mendapat tempat. Namun, setelah selesai, ia justru pulangnya cepat. Hebatnya, walau datang terlambat, pulang lebih cepat, sama-sama mendapat berkat.

Inilah ibarat sertifikasi guru PAI. Di saat guru-guru yang lain sudah lama mendapatkan sertifikat pendidik, banyak guru PAI yang belum mendapat hal yang sama. Namun, diperkirakan selesainya program sertifikasi guru PAI ini lebih dahulu dibanding program sertifikasi guru lainnya. 
Entahlah. Wallahu a'lam. 
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kisi-kisi UKG / UKA mapel PAI?"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top