Blog in Learning

Dream to the Better Learning and Education

Calon Gubernur Jawa Tengah 2013

Pemilihan Gubernur Jawa Tengah dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2013.
Pada pemilihan Gubernur tahun 2013 ini diikuti oleh 3 orang pasangan calon. Ketiga pasangan calon gubernur Jawa Tengah sebagai berikut.

1.       Pasangan Hadi Prabowo – Don Murdono



Pasangan Hadi Prabowo – Don Murdono merupakan pasangan nomor Urut 1 yang diusung oleh PKS dan parpol lainnya, seperti Gerindra, PPP, PKNU, PKB, Hanura dan PBB. Motor penggerak bagi pasangan ini adalah PKS. Hadi Prabowo merupakan calon gubernur Jawa Tengah 2013. Adapun Don Murdono adalah calon wakil gubernur Jawa Tengah. Hadi Prabowo sudah lama mengenal peta pemerintahan di provinsi Jawa Tengah, karena Hadi Prabowo pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah.
Adapun Don Murdono merupakan bupati Subang, Jawa Barat. Don Murdono merupakan kader PDIP yang menjabat sebagai bupati Subang. Namun, Don Murdono mengikuti Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2013 dengan menjadi wakil dari Hadi Prabowo. Pasangan ini mendapat dukungan 6 parpol di Kursi DPRD Provinsi Jawa Tengah.

2.       Pasangan Bibit Waluyo – Sudijono
Bibit Waluyo merupakan pasangan incumbent pada pilgub jateng 2013. Bibit Waluyo adalah Gubernur Jawa Tengah periode 2008 – 2013. Pada jabatan periode 2008 – 2013 ini, Bibit Waluyo diusung oleh PDIP. Namun pada pilgub 2013, Bibit Waluyo tidak lagi menggunakan kendaraan PDIP. Ia dicalonkan oleh Partai Amanat Nasional, Demokrat dan Golkar. Bibit Waluyo menggandeng Sudijono yang juga rector Universitas Negeri Semarang.

3.       Pasangan Ganjar Pranowo – Heru Sujatmoko
Pasangan nomor urut tiga adalah Ganjar Pranowo – Heru Sudjatmoko. Pasangan ini diusung oleh PDIP. Pasangan ini merupakan satu-satunya pasangan yang tidak melibatkan partai koalisi. PDIP hanya sendirian mengusung Ganjar Heru. Jawa Tengah merupakan basis massa dari pasangan PDIP. Pada pemilihan Gubernur Jateng tahun 2008 lalu, PDIP mengusung Bibit Waluyo – Rustriningsih yang memenangkan pilgub 2008 – 2013.



Namun, pada pilgub 2013 ini, Bibit Waluyo yang dulunya diusung PDIP tak lagi didukung PDIP. Bibit Waluyo memilih pindah ke koalisi Demokrat, PAN dan Golkar.
PDIP yang semula digadang-gadang akan mengusung wakilnya Rustriningsih, memilih Ganjar Pranowo sebagai Calon Gubernur. Semula, tokoh yang diharapkan akan maju dari PDIP adalah Rustriningsih yang saat ini menjabat sebagai wakil Gubernur. Namun, PDIP secara mengejutkan mengusung Ganjar – Heru.

Informasi selanjutnya di sini


Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Calon Gubernur Jawa Tengah 2013"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top