Blog in Learning

Dream to the Better Learning and Education

Formulasi: Ulangan Harian (tidak lagi) Menakutkan? Sebuah pen...

clip_image012
Formulasi: Ulangan Harian (tidak lagi) Menakutkan?: Ulangan Harian adalah salah satu kegiatan evaluasi hasil pembelajaran. Ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam Standar Penilaian Pendidikan. Namun pernahkah kita mengalami kendala dalam mengadakan kegiatan ulangan tersebut? Barangkali tidak terdapat kesulitan terhadap ulangan yang kita adakan.
Namun, seringkali siswa merasa terkejut ketika guru mengumumkan ulangan: "haaa..." Ungkapan itu barangkali muncul dari para siswa saat kita mengumumkan ulangan. Belum lagi saat tiba hari H pelaksanaan ulangan harian. Para siswa sering meminta waktu sebentar untuk belajar terlebih dahulu. Kurang lebih sekitar 5 - 10 menit. Ada juga yang meminta ulangan ditunda minggu depan atau pertemuan depan. Intinya mereka merasa lebih senang jika tidak jadi ulangan.
Itu akan terjadi pada proses pembelajaran yang bersifat konvensional. Selama ini dunia pendidikan kita masih berjalan secara konvensional, termasuk kegiatan Ulangan Harian. Lalu, bagaimanakah solusinya jika kita menghadapi demikian? Pada posting kali ini, akan saya bagikan pengalaman sedikti tentang pelaksanaan ulangan harian yang lebih menyenangkan.
Ya, Ulangan Harian yang menyenangkan. Kira-kira bagaimana ya, ulangan harian yang menyenangkan itu? Open book? Kunci jawaban diberikan? Mungkin itu sih yang membuat siswa kita menjadi senang dengan ulangan Harian. Ya, memang benar, siswa sering kali senang jika Ulangan itu diperbolehkan Open book atau diberitahu jawabannya. Namun, itu tidak mendidik.
Lalu, Apa solusinya agar ulangan harian menyenangkan? Solusinya adalah pemanfaat teknologi Informasi untuk merancang kegiatan Evaluasi ini. Seperti pada pelaksanaan UKG Online, yang memanfaatkan teknologi internet dalam pelaksanaannya. Ulangan siswa pun juga bisa dibuat demikian. Kita bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi komputer seperti Power Point, Flash, maupun Blog sebagai salah satu cara Ulangan harian yang menyenangkan.


Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Formulasi: Ulangan Harian (tidak lagi) Menakutkan? Sebuah pen..."

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top