Blog in Learning

Dream to the Better Learning and Education

Modernisasi Islam di Arab Saudi

Pembaruan Islam yang terjadi di Arab Saudi bercorak pemurnian agama Islam (purifikasi). Gerakan pemurnian agama Islam dipelopori oleh Muhammad bin Abdul Wahhab. Pemikirannya muncul karena keadaan paham tauhid pada saat itu yang telah banyak menyesatkan umat Islam. Kemurnian Islam telah dirusak oleh paham-paham tarekat yang berkembang sejak abad XIII.
Gerakan ini merupakan gerakan pemurnian Islam (purifikasi). Pokok ajaran Muhammad bin Abdul Wahab adalah menentang semua bentuk bid‘ah, khurafat dan kembali kepada ajaran pokok Al-Qur'an dan Hadis. Pintu ijtihad dibuka lebar-lebar, sementara umat Islam dilarang untuk bertaklid buta.
Muhammad bin Abdul Wahhab mengajak kepada umat Islam untuk meninggalkan segala bentuk syirik, khurafat, bid’ah dan segala bentuk kesesatan kepada ajaran-ajaran Islam yang murni sesuai petunjuk Al-Qur’an dan Hadis Rasulullah saw.
Gerakan ini melakukan pembaruan secara radikal dengan menghentikan segala bentuk penyelewengan dalam Islam, mengajarkan tauhid yang murni kepada umat Islam saat itu, dan dengan meneliti kembali ajaran ibadah yang telah dilakukan oleh umat Islam saat itu dengan ajaran yang murni sesuai dengan praktik ibadah Rasulullah saw..
Berkat dukungan dari kerajaan Arab Saudi, gerakan ini berkembang luas ke seuluh penjuru dunia Islam seperti Mesir, Turki, Persia dan India.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Modernisasi Islam di Arab Saudi "

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top