Blog in Learning

Dream to the Better Learning and Education

Peradaban Islam pada Abad Modern


Agama dirumuskan para cendekiawan sebagai unsur pokok dalam suatu peradaban. Agama menurut para cendekiawan merupakan faktor terpenting dalam menentukan karakteristik peradaban. Tanda-tanda kehancuran suatu peradaban dapat dilihat sejauh mana unsur utama peradaban tersebut dapat terpelihara dengan baik. Pondasi tegaknya peradaban Islam adalah Al-Qur’an dan Hadis Nabi yang diamalkan dengan lurus pada masa kejayaan Islam.
Seiring dengan kemunduran peradaban Islam, banyak sumber-sumber ilmu yang hilang dan musnah. Musnahnya buku-buku dan kitab-kitab yang menjadi rujukan peradaban Islam pada masa lalu telah membawa Islam kepada kemunduran.
Umat islam mulai tersadar akan kemundurannya seiring dengan bergulirnya imperialisme dan kolonialisme Barat pada Dunia Islam. Wilayah-wilayah Islam telah banyak dijajah oleh bangsa-bangsa Barat, sehingga umat Islam semakin terdesak dan tidak memiliki kebebasan untuk mengembangkan peradaban Islam.
Kedatangan Napoleon Bonaparte ke Mesir (tahun 1798 – 1801) telah membuka mata Umat Islam, khususnya Mesir dengan kelemahan dan kemunduran mereka. Napoleon Bonaparte memperkenalkan ide-ide baru yang belum banyak dikenal di dunia muslim, yakni ide pemerintahan dengan sistem republik, ide persamaan (egalite) dan kebangsaan (nasionalisme).
Dalam perkembangan Islam moderan dikenal nama-nama tokoh seperti Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh, Muhammad Rasyid Ridha, Sayid Ahmad Khan maupun KH. Ahmad Dahlan. Nama-nama itu tentulah yang sudah tidak asing lagi di dunia Islam, baik nasional maupun internasional. Pengaruh yang dikembangkan oleh tokoh-tokoh di atas mampu mengubah haluan pemikiran Islam pada zamannya.

Arti modern menurut kamus besar Indonesia, yaitu terbaru, mutakhir. Dapat pula berarti sikap dan cara berpikir serta bertindak sesuai dengan tuntutan zaman. Islam pada masa modern adalah perkembangan Islam yang terbaru atau mutakhir Masa ini merupakan masa modernisasi atau pembaruan bagi dunia Islam. Istilah pembaruan sendiri berasal dari bahasa Arab yang dikenal dengan istilah tajdid. Adapun masa ini merupakan rentang waktu antara tahun 1800 M hingga sekarang.

Islam pada masa modern ditandai dengan kesadaran akan kelemahan-kelemahan umat Islam khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada awalnya, kondisi umat Islam di bawah tekanan kolonialisme atau penjajahan bangsa barat. Kondisi ini berlangsung antara abad 15 hingga abad 20. Dunia Islam mengalami kemunduran. Keadaan internal umat islam semakin rapuh oleh faktor luar dari bangsa Eropa tersebut.
Setelah mengalami kemunduran yang cukup lama, maka pada paruh kedua bad 18 muncul kesadaran kaum muslimin. Ide-ide gerakan modernisasi pun lahir. Para tokoh modernis mulai tampil menyeru kaum muslimin untuk bangkit dan membangun peradabannya kembali.
Salah satu sumber kemunduran umat Islam yang berakibat terjadinya kolonialisme antara lain umat Islam ketika itu hanya mencari hidup hakiki yaitu kehidupan akhirat saja, dengan meninggalkan dan mengesampingkan kehidupan di dunia.

Menjelang abad XVIII atau menjelang tahun 1800 Masehi umat Islam telah banyak melakukan penyimpangan dari ajaran Islam dan tidak sesuai dengan ajaran AI-Qur’an dan Sunnah rasul. Di antaranya ialah bid‘ah, khurafat, dan syirik.

Umat Islam di berbagai negara ketika itu banyak yang menyimpang dari ajaran tauhid yang dibawa oleh Rasulullah Muhammad saw. berdasarkan Al-Qur'an dan hadis. Beberapa di antaranya ialah penyimpangan dalam bidang akidah.
Umat Islam hanya mementingkan kehidupan ukhrawi, dan meninggalkan keduniawian, umat Islam tidak mau berusaha atau berikhtiar, mereka hanya mengandalkan kehendak Allah serta berserah diri sepenuhnya terhadap ketetapan Allah semata.
Sementara itu, kehidupan bangsa barat yang menjajah dunia Islam telah mengalami kemajuan yang pesat. Mereka banyak mengambil ilmu pengetahuan yang dikembangkan oleh Umat Islam, kemudian dibawanya ke Eropa dan dikembangkannya.
Gerakan Modernisasi Islam muncul di berbagai belahan dunia Islam, baik di India, Mesir, Turki, Arab Saudi dan sebagainya. Gerakan modernisasi Islam terus bergulir hingga masa sekarang. Umat Islam terus mengejar ketertinggalannya dibanding dengan perkembangan kebudayaan Barat.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Peradaban Islam pada Abad Modern"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top