Blog in Learning

Dream to the Better Learning and Education

Materi PAI Kur 2013 Kelas 8 Iman kepada Rasul

1.    Iman kepada Rasul-Rasul Allah swt.

Beriman kepada rasul merupakan rukun iman yang keempat. Para rasul diberikan wahyu agar disampaikan kepada manusia. Mengapa Allah memberikan wahyu kepada nabi dan rasul? Manusia perlu diberi ajaran dan tuntunan agar hidupnya baik dan benar. Manusia akan mengenal jalan yang lurus berdasarkan wahyu guna membangun masyarakat yang baik.

Jadi pengertian iman kepada rasul Allah adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah  benar-benar mengutus para rasul yang diberi wahyu untuk membimbing umatnya ke jalan yang lurus untuk kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Mengimani rasul hukumnya wajib bagi setiap mukmin. Kita harus memercayainya dan meyakininya. Di dalam memercayai rasul kita harus memerhatika dua hal berikut.

1)    Tidak boleh membedakan antara nabi yang satu dengan nabi yang lainnya.

Kita wajib mengimani bahwa keseluruhan nabi dan rasul Allah yang disebutkan dalam Al-Qur’an benar-benar utusan Allah swt serta menyakini bahwa Nabi Muhammad saw adalah rasul terakhir sampai hari kiamat nanti.

Semua rasul itu saling membenarkan, sehingga kita tidak boleh membeda-bedakan. Semuanya mengajarkan tauhid yang mengesakan Allah swt. Firman Allah dalam Surah An-Nisa’ ayat 165 yang berbunyi:

165. Rasul-rasul itu adalah sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, agar tidak ada alasan bagi manusia untuk membantah Allah setelah rasul-rasul itu diutus. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.       

2)    Mengikuti ajarannya dengan sepenuh hati.

Allah mengutus nabi-nabi terdahulu hanya untuk kaumnya saja, hanya Nabi Muhammad saw yang diutus untuk semua bangsa. Jadi kita wajib mempercayai, menaati, meneladani serta mengamalkan seluruh apa saja yang diperintahkan oleh rasul Allah. Menaati rasul, berarti menaati Allah swt. Firman Allah swt.

80.    Barangsiapa menaati Rasul (Muhammad), maka sesungguhnya dia telah menaati Allah. Dan barangsiapa berpaling (dari ketaatan itu), maka (ketahuilah) Kami tidak mengutusmu (Muhammad) untuk menjadi pemelihara mereka.       

Rasul tidak bertanggung jawab terhadap perbuatan-perbuatan mereka dan tidak menjamin agar mereka tidak berbuat kesalahan.

2.    Dalil tentang beriman kepada rasul-rasul Allah swt.

Surah Ali Imran ayat 164:

Artinya :
”Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang beriman ketika (Allah) mengutus seorang Rasul (Muhammad) di tengah-tengah mereka dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Kitab (Al-Qur’an) dan Hikmah (Sunnah, meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” (Q.S. Ali Imra>n [3]: 164)

Ayat tersebut memberikan penjelasan kepada kita bahwa Allah mengutus rasul dari kalangan manusia sendiri sehingga dapat diteladani. Umat Islam wajib mengimani seluruh rasul yang diutus oleh Allah swt.. Kita tidak hanya diperintahkan untuk mengimani Nabi Muhammad saw., tetapi juga harus meyakini seluruh utusan Allah sepanjang zaman yang jumlahnya ada 25 rasul utusan Alla swt..

3.   Nama-Nama Rasul dan Sifat-Sifat Rasul.

Allah menyebutkan nama-nama Rasul di dalam Al-Qur'an sejumlah 25 rasul. Pada surah Al-An'am disebutkan sejumlah 18 rasul, sedangkan di dalam surah Sad disebutkan sejumlah 7 rasul. Kisah para rasul ada yang diceritakan oleh Allah, dan ada pula yang tidak diceritakan. Allah berfirman dalam Q.S. Al-Mu'min 78
78.     Dan sungguh, Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum engkau (Muhammad), di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antaranya ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak ada seorang rasul membawa suatu mukjizat, kecuali seizin Allah. Maka apabila telah datang perintah Allah, (untuk semua perkara) diputuskan dengan adil. Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil.       

Para rasul yang disebutkan oleh Allah di dalam Al-Qur'an adalah sbb.

No
Nama Nabi dan Rasul
Tempat Diutus / Kerasulan
1
Adam  a.s. di negeri Arab (Mekah)
2
Idris  a.s. di negeri Irak
3
Nuh  a.s. di negeri Irak
4
Hud  a.s. di negeri Arab (Yaman)
5
Salih  a.s. di negeri Arab (Hijaz)
6
Ibrahim  a.s. di negeri Palestina dan Mekah
7
Ismail  a.s. di negeri Mekah
8
Luth  a.s. di negeri Arab (Sodom Mesopotamia)
9
Ishaq  a.s. di negeri Palestina
10
Ya’kub a.s. di negeri Mesir
11
Yusuf a.s. di negeri Mesir
12
Syu’aib a.s. di negeri Palestina
13
Ayub a.s. di negeri Mesir
14
Zulkifli a.s. di negeri Palestina
15
Musa a.s. di negeri Mesir, Madyan / Israil
16
Harun a.s. di negeri Mesir, Madyan / Israil
17
Dawud a.s. di negeri Meir / Israil
18
Sulaiman a.s. di negeri Israil
19
Ilyas a. s. di negeri Israil
20
Ilyasa’ a.s. di negeri Israil
21
Yunus a.s. di negeri Babilonia
22
Zakaria a.s. di negeri Israil
23
Yahya a.s. di negeri Israil
24
Isa a.s. di negeri Israil
25
Muhammad saw. di negeri Mekah
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Materi PAI Kur 2013 Kelas 8 Iman kepada Rasul"

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top