Blog in Learning

Dream to the Better Learning and Education

Situs Manusia Purba Sangiran

Sangiran, merupakan salah satu situs manusia purba yang diakui dunia. UNESCO telah menetapkannya sebagai salah satu warisan budaya dunia. Museum Sangiran terletak di Dukuh Ngampon, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah. Secara geografis terletak pada 7o 30’ LS dan 7o  - 7o 5’ BT.


Di Musem Sangiran terdapat koleksi pulihan ribu fosil manusia purba/benda-benda dari jaman purba/pra sejarah, sekitar 2 juta tahun lalu, hingga 200.000 tahun yang lalu. Sejak kala Pliosen akhir hingga kala Pleistosen tengah. Misalnya fosil Pithecanthropus erectus, fosil Meganthropus Palaeojavanicus, fosil binatang air, batuan, fosil tumbuhan laut, fosil Mastodon, Stegodon Trigonocephalus, dan lain-lain.

Banyak fosil di Sangiran diperkirakan, dahulu Sangiran merupakan hamparan lautan. Akibat proses geologi dan akibat bencana alam letusan Gunung Lawu, Gunung Merapi dan Merbabu, Sangiran berubah menjadi daratan, hingga membentuk lapisan tanah dan di tiap lapisan tanah ditemukan fosil-fosil menurut jenis dan jamannya.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Situs Manusia Purba Sangiran"

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top