Blog in Learning

Dream to the Better Learning and Education

Komunitas Sejuta Guru Ngeblog

Di awal tahun 2014 ini, dibangun sebuah komunitas Sejuta Guru Ngeblog. Komunitas ini digagas oleh OmJay, seorang guru blogger dari Labschool Jakarta.
Komunitas ini terinspirasi dari sebuah film Trilogi LiniMasa dan Terpenjara di Udara. Film yang diproduksi oleh para pegiat internet sehat, yang mengisahkan tentang social media change, sebuah perubahan sosial, perubahan masyarakat yang dipengaruhi oleh media sosial dan internet.
Pernyataan Onno W. Purbo dalam film tersebut, "Jika ada 1 juta sekolah yang terhubung ke internet, dan ada satu saja siswa yang menulis tentang kota kelahirannya, maka akan ada 1 juta konten positif di internet."
Demikian juga jika ada 1 juta guru ngeblog, dan setiap bulan mengupdate blognya dengan konten sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing, akan tersedia jutaan konten positif terkait dengan pendidikan dan pembelajaran. Begitu kira-kira pemikiran OmJay, yang mendasari lahirnya komunitas ini.
Komunitas ini lalu disosialisasikan di web guraru.org dan kompasiana. Muncullah grup sejuta guru Ngeblog di grup Facebook. Para guru yang juga aktif blogging pun, satu persatu bergabung. Belum ada sebulan komunitas ini dibentuk, sudah ada hampir 1000 guru bergabung di dalamnya.
Social Media, Blogging dan internet tidak bisa terlepas dari dunia kita. Dunia pendidikan pun juga harus sadar akan hal ini.
Para guru blogger berjuang untuk menyediakan konten positif sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kini, harapan akan masa depan pendidikan Indonesia akan lebih maju. Salah satunya  adalah lewat aktivitas guru blogger. Mereka menyediakan sumber-sumber pembelajaran dan pemikiran-pemikiran yang positif demi kemajuan pendidikan Indonesia.
Apalagi beberapa waktu lalu, Prof BJ Habibie mewacanakan sekolah tanpa kertas. Wacana yang digulirkan untuk menjawab keraguan akan manfaat teknologi bagi generasi kita.
Komunitas sejuta guru blogger bisa dikatakan sebagai embrio dari sekolah tanpa kertas tersebut. Aktivitasnya di dunia teknologi informasi dan internet akan diharapkan mampu menunjukkan bahwa internet bukanlah ancaman bagi masa depan pendidikan kita. Internet bukanlah ancaman bagi generasi muda kita.

Bagi anda, yang ingin memasang logo Komunitas Sejuta guru Ngeblog, silakan copy beberapa logo di bawah ini.








Share this article :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Komunitas Sejuta Guru Ngeblog"

Wew, gagasan yang brillian. Perlu segera direalisasikan itu pak Nur. Saya ikut donk...

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Template By. Kunci Dunia
Back To Top